Memuat Halaman
"Teks Efek Bunga Berkarat dengan Photoshop"
Koneksi lambat? | Gunakan blog dalam versi mobile.
Tetap berusaha terhubung dengan Adityas Blog
Coba gunakan blog dalam versi mobile atau tekan F5 untuk memuat ulang halaman.

Teks Efek Bunga Berkarat dengan Photoshop

Tutorial kali ini saya akan mencoba untuk membuat efek teks yang berkarat dan dihiasi dengan bunga. Teks efek ini sangat bervariasi dan terlihat baik dengan menggunakan bentuk font apapun di Photoshop, tapi di sini saya menggunakan font Biting My Nails dan anda bisa men downloadnya nanti.
Langaung saja sobat buka photoshopnya, kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Langkah 1

Tidak berbeda dari langkah tutorial photoshop yang sudah ada, sobat di harapkan men download terlebih dahulu 2 gambar teksture dan 1 font yang akan kita gunakan di tutorial kali ini. Untuk membuat pola tersebut anda cukup membuka setiap gambar ke dalam photoshop kemudian pilih EDIT>> DEFINE PATTERN pada menu.

Langkah 2

Buat dokumen baru atau new document di photoshop dengan ukuran sebagai berikut:
  • Width : 640 px
  • Height : 400px
  • Resolution : 72px

Langkah 3

Buat pola baru untuk mengisi layer dengan cara pilih LAYER>> NEW FILL LAYER>> PATTERN dalam menu dan pilih pola kayu yang sudah anda buat pada Langkah 1 tadi, seperti yang terlihat di bawah ini:

Langkah 4

Di atas lapisan kayu buatlah gradien baru untuk mengisi layer dengan cara pilih LAYER>> NEW FILL LAYER>> GRADIENT dalam menu dengan pengaturan yang terlihat di bawah ini.

Langkah 5

Buka layer style pada kotak dengan cara pilih LAYER>> LAYER STYLE>> BLENDING OPTIONS dalam menu dan masukkan pengaturan yang ada di bawah.

Langkah 6

Sekarang aktifkan text tool nya dengan menekan T pada keyboard. Kemudian buka character pallet dan pilih Biting My Nails ukuran 225pt type font bold dengan bentangan vertikal 110% seperti yang terlihat di bawah ini kemudian masukkan beberapa teks di dalam form tersebut.

Langkah 7

Duplicate layer teks yang baru saja dibuat dengan memilih LAYER>> DUPLICATE LAYER. Kemudian aktifkan layer styles pallet di atas layer teks dengan cara pilih LAYER>> LAYER STYLE>> BLENDING OPTIONS dalam menu dan masukkan pengaturan seperti yang anda lihat di bawah ini.

Langkah 8

Pilih layer teks yang pertama kemudian buka styles dialog box pada layer teks tersebut dan masukkan pengaturan seperti yang anda lihat di bawah ini.

Langkah 9

Untuk membuat framenya, aktifkan shape tool dengan cara menekan U di keyboard, pastikan anda memilih pola persegi panjang, kemudian tarik keluar di bagian bawah gambar seperti yang terlihat di bawah ini.

Langkah 10

Aktifkan layer styles pallet pada lapisan bentuk persegi panjang yang baru anda buat dan masukkan pengaturan di bawah ini.

Langkah 11

Duplicate layer persegi panjang yang baru saja dibuat dengan cara pilih LAYER>> DUPLICATE LAYER kemudian aktifkan move tool dengan menekan V dan memindahkan kotak yang digandakan kebagian atas seperti yang terlihat di bawah ini.

Langkah 12

Sekarang untuk menambahkan judul pertama kali anda buat layer baru terlebih dahulu diatas layer bingkai persegi panjang dan aktifkan text tool dengan menekan T. Kemudian buka character pallet, pilih font Comic Sans MS denghan ukuran 24pt lalu ketikkan judul seperti yang terlihat di bawah ini.
Setelah anda selesai, atur opacity layer menjadi 90% sehingga judul tidak terlalu mencolok.

Langkah 13

Langkah selanjutnya ini adalah langkah opsional atau pilihan. Jika anda ingin membuat bayangan di bawah teks, buatlah layer baru di bawah kedua lapisan teks, aktifkan brush tool dengan menekan B pilih brush bulat dan lihat pengaturannya di bawah ini. Kemudian cat dalam bayangan di dasar setiap lapisan seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah 14

Untuk membersihkan bayangan, gunakan blur filter dengan cara pilih FILTER>> BLUR>> MOTION BLUR dalam menu dan masukkan pengaturan di bawah ini.

Langkah 15

Langkah terakhir, pilih opacity untuk lapisan bayangan menjadi 80% dan atur blend mode menjadi multiply seperti yang terlihat di bawah ini.

Selesai

Dan berikut hasil akhir dari tutorial kali ini.
Jika hasil anda berbeda dengan gambar di bawah ini, silahkan anda menanyakannya dengan memberikan komentar di bawah artikel.
Sobat bisa langsung download file *.psd nya di bawah ini.

Dongdut via Mediafire
Password : adityasblog

Gabung ke group:

Artikel Terkait

4 Respon Komentar

Anonymous, said...
March 23, 2011 at 7:42 AM

wuih keren :m:

Adityas Blog, said...
March 23, 2011 at 10:11 AM

Thancu mas or mbak @Anonymous
:i:

Anonymous, said...
April 1, 2011 at 10:32 AM

Trima ksih tutorialx masbro :m:
ane tnggu tutorial yg lainx :e:

Adityas Blog, said...
April 1, 2011 at 10:23 PM

ok gan...
dalam proses pnyelesaian...

Tinggalkan Komentar Anda?

Komentar anda akan dihapus jika :
1. SPAM atau meninggalkan komentar mengandung unsur SARA
2. Berkata kasar atau kata-kata negatif lainnya
3. Meninggalkan komentar dengan link hidup
4. Komentar tidak berhubungan dengan tema
5. Jika anda ingin berlangganan "komentar" dari artikel ini, pilih link "Subscribe by email" pada bagian bawah form komentar

:a: :b: :c: :d: :e: :f:
:g: :h: :i: :j:

Emotion lainnya?